Senin, 10 Juni 2013

MEKAH
KOTA BERSEJARAH PENUH MAKNA

1. KA’BAH & MASJIDIL HARAM
Tujuan utama kedatangan para jama’ah dari seluruh penjuru dunia ketika mereka hendak melaksanakan ibadah Umrah ataupun Haji. Ka’bah adalah bangunan pertama kali di bumi yang digunakan untuk tempat menyembah Allah. Sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya permulaan rumah yang dibuat manusia untuk tempat beribadah itulah rumah yang di Bakkah (Makkah), yang dilimpahi berkah dan petunjuk bagi alam semesta”(Q.S.Ali Imran: 96).




2. DAAR MAULID NABI
Diriwayatkan bahwa dahulu di tempat itu para pejabat Makkah mengadakan berbagai acara untuk memperingati hari lahir Rasulullah SAW antara lain dengan mengunjungi tempat kelahiran tersebut. Di tempat itu pernah dibangun sebuah masjid untuk shalat. Pada tahun 666 M saat pemerintahan Malik AL-Muzhaffar ditempat itu dibangun gedung yang lebih megah dan besar.

3. GUA HIRA
Gua Hira adalah sebuah gua kecil di Jabal Nur yang letaknya sekitar 5 km di utara Makkah. Tinggi Jabal Nur kira-kira 200 meter dan dikelilingi gunung dan bukit batu serta jurang yang curam, di sekitarnya tidak ada tanaman dan dahulu tidak pernah dikunjungi orang. Gua Hira terletak dibelakang dua batu besar yang sangat dalam dan sempit, tingginya setinggi manusia berdiri (sekitar 2 meter) dan luasnya cukup untuk tidur tiga orang berdampingan. Di ujung kanan ada celah/lubang yang dapat digunakan untuk memandang ke arah Ka’bah. Di Gua Hira inilah wahyu pertama (Q.S. AL-’alaq 1-5) turun kepada Rasulullah SAW.



4. ARAFAH
Kawasan Arafah dulunya adalah wilayah padang pasir. Arafah terletak 25 km sebelah timur kota Makkah. Hamparan padang pasir dan batu yang memiliki luas 5,5 x 3,5 km dan tidak berpenghuni dikelilingi ini dikelilingi bukit-bukit batu yang berbentuk setengah lingkaran. Setiap musim haji kawasan arafah dipadati oleh para jama’ah yang akan menunaikan ibadah wukuf tanggal 9 Dzulhijjah. Wukuf di Arafah merupakan salah satu rukun haji, kalau tidak dilaksanakan maka hajinya tidak sah.


5. JABAL RAHMAH
 Jabal Rahmah adalah bukit batu di Padang Arafah yang terletak sekitar 25 km sebelah tenggara kota Makkah. Di puncak bukit tersebut terdapat tugu putih yang dibangun untuk mengenang peristiwa yang sangat penting bagi umat manusia yaitu pertemuan yang sangat mengharukan antara kedua nenek-moyang manusia, Nabi Adam AS dan Siti Hawa setelah turun dari surga dan dipisahkan Allah SWT selama 200 tahun.


 6. JABAL TSUR
Jabal Tsur adalah gunung tertinggi yang terletak sekitar ± 5 km dari kota Makkah. Gunung ini menjadi sangat terkenal karena dipuncaknya terdapat gua. Di gua inilah Rasulullah SAW dan Sahabatnya Abu Bakar RA bersembunyi saat dikejar kaum kafir Quraisy, Peristiwa ini terjadi pada tahun 622 M sewaktu Rasulullah SAW akan hijrah ke Madinah.
  7. MASJID JIN
makam siti Khatijah dan keluarga nya
 8. gambar kota lainnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar